Public speaking adalah kegiatan yang hampir pasti kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Siapa pun kita, di mana pun kita beraktivitas, pasti akan ada satu momen di mana kita harus berbicara di hadapan sejumlah orang. Untuk itu, kemampuan melakukan kegiatan public speaking akan menjadi nilai lebih bila bisa kita kuasai.

Materi bagaimana melakukan kegiatan public speaking, dapat peserta ikuti melalui program moocs yang ditawarkan UT pada topik "Teknik Presentasi". Menyampaikan pesan, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak faktor yang bisa menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan lancar, yang dalam terminologi ilmu komunikasi diistilahkan dengan "noise" yang menyebabkan pesan bisa disalahartikan/dimaknai berbeda. Intinya, pesan kita tidak sampai kepada audiens kita. Kali ini, melalui topik "Mengemas Pesan Public Speaking", peserta akan memperoleh pemahaman mengenai bagaimana mengemas pesan yang ingin kita sampaikan ke public dengan baik yang dimulai dari pembuka, isi, dan penutup pesan.

Program ini memberi wawasan pebelajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknik melakukan presentasi. Secara detail, pebelajar akan mempelajari apa saja hal-hal yang harus disiapkan sebelum melakukan presentasi, yang terdiri atas persiapan fisik dan persiapan psikis. Kemudian, pebelajar akan  memperoleh materi mengenai bagaimana menyampaikan presentasi dengan baik dan benar. Setelah itu, pebelajar juga akan memperoleh sajian mengenai berbagai alat bantu presentasi yang menjadi bagian penunjang penting dalam melakukan presentasi.


Program ini mengulas dan menjelaskan prinsip pengolahan beberapa jenis produk pangan yang populer dan dapat dijadikan alternatif diversifikasi pangan serta wirausaha di bidang pangan. Jenis-jenis produk pangan tersebut adalah :

  1. Aneka Abon
  2. Aneka Keripik Buah
  3. Minuman Instan Fungsional
  4. Kudapan Non Terigu

Program ini bertujuan untuk memberi wawasan tentang pendidikan  jarak jauh kepada warga masyarakat, bahwa pendidikan jarak jauh telah berkembang menjadi modus pembelajaran utama (main-stream) sebagaimana sistem pendidikan tatap muka. Dengan memahami sistem dan cara belajar melalui pendidikan jarak jauh, warga masyarakat akan berminat meningkatkan kualifikasinya  melalui sistem pendidikan jarak jauh.

 

Di dalam courses ini kita akan membahas tentang isu-isu populer dibidang pemasaran, yang kita sajikan dalam empat topik bahasan : relationship marketing, horizontal marketing, branding, dan STP (segmenting, targetting dan positoning). Setelah mengikuti courses ini, Anda akan mampu membangun suatu strategi marketing yang up to date dan memiliki keunggulan bersaing.

Program ini merupakan program non gelar yang dapat membantu Anda tanpa mengeluarkan biaya. Pengasuh program ini adalah Dosen pada Program Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Terbuka, yang memiliki latar belakang pendidikan serta pengalaman yang mumpuni di bidangnya.

Materi yang disajikan seputar bagaimana orang tua mengembangkan potensi anak dengan menciptakan lingkungan yang aman dan ramah bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Sajian akan dilengkapi dengan tips praktis, pendapat ahli serta contohnya yang dikemas dalam multi media.

Diharapkan setelah mengikuti program ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan, memberi perlindungan dan mendidik anak dalam kehidupan sehari-hari secara tepat sehingga anak Anda dapat tumbuh dan berkembang secara optimal



ASEAN Economic Community will be implemented in 2015.  This program is part of the efforts to provide information to help people understand about ASEAN community development and its issues.  This MOOCs is designed for free, for anyone interested to learn about ASEAN issues. This first MOOCs will focus on the challenges and opportunities for ASEAN integration, discussing about what ASEAN was intended to become, and the security as well as economic issues to be resolved the motto of “One Community, One Vision, One Identity.”  Join us in this discussion.